Ayo Belajar Arsip

Sistem Informasi Manajemen

Konsep Dasar
►Pengertian-pengertian:
►Sistem
Sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama organisasi.
 Sistem dibangun oleh subsistem-subsistem
 ►Subsistem adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan satu dengan yang lain dalam suatu sistem.

►Menurut Gordon B. Davis:
§Sistem dapat berupa  abstrak dan fisik
Sistem yang abstrak adalah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan atau konsepsi-konsepsi yang saling tergantung (mis: sistem agama, sistem politik, dll)
 ►Sistem yang bersifat fisik adalah serangkaian unsur yang bekerjasama untuk mencapai tujuan (mis: sistem peredaran darah, sistem transportasi, sistem komputer, dll.)
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang maupun yang akan datang (Gordon B. Davis)
Manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry, Principle of Management, Illinois: R.D.I, Inc. Homewood, 1977, hlm.4)
Sistem Informasi Manajemen
Sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi
PERKEMBANGAN SIM
konsep sistem informasi manajemen sudah ada sebelum munculnya teknologi komputer
 -SIM (konvensional) terkandung pada pekerjaan-pekerjaan sistematis seperti pencatatan agenda, kearsipan konvensional, komunikasi antara para pimpiman organisasi, dan penyajian informasi untuk pengambilan keputusan
 -tersedianya teknologi pengolahan data dengan komputer yang relatif murah, kini dan yang akan datang penggunaan komputer untuk menunjang SIM tidak terelakkan.

0 comments:

Posting Komentar